Kamis 05 Sep 2024 10:01 WIB

Teladan dari Faisal Basri untuk Ekonom Muda: tak Sekadar Akademisi-Peneliti, Juga Aktivis

Faisal Basri kritis dan kokoh dalam berpendirian menjadi insipirasi para ekonom muda.

Red: Mas Alamil Huda
Faisal Basri memberikan paparan saat Indonesia Economic and Financial Sector Outlook (IEFSO) 2018 di Jakarta, Kamis (7/12).
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Faisal Basri memberikan paparan saat Indonesia Economic and Financial Sector Outlook (IEFSO) 2018 di Jakarta, Kamis (7/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengungkapkan sosok Faisal Basri menjadi teladan bagi juniornya. Kiprah Faisal Basri yang kritis dan kokoh dalam berpendirian menjadi insipirasi bagi para peneliti muda.

"Bagi saya Pak Faisal itu memang inspirasi untuk peneliti-peneliti muda di Indef. Suara, pemikiran hingga gagasan beliau banyak dan selalu fokus pada upaya untuk memperbaiki kebijakan ekonomi Indonesia," ujar Eko, di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga

Menurut dia, hal menarik dari sosok Faisal Basri bahwa beliau tidak hanya sekadar berbagi ide dan gagasan. Tetapi, Faisal tak jarang turun langsung ke lapangan dalam memperjuangkan ide-ide kebijakannya.

"Beliau itu tidak sekadar akademisi atau juga peneliti, tapi juga memang aktivis jadi pada situasi tertentu, apalagi ketika memperjuangkan saat KPK berupaya dilemahkan dan lain-lain itu kadang-kadang Pak Faisal sampai turun ikut demo," katanya.