Kamis 05 Sep 2024 10:15 WIB

Mengenang Faisal Basri, Saingan Jokowi-Ahok dari Jalur Independen Pilkada DKI 2012

Faisal pernah maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ekonom Senior Faisal Basri.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ekonom Senior Faisal Basri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekonom senior Faisal Basri meninggal dunia pada Kamis (5/9/2024). Faisal berpulang pada sekira pukul 03.50 WIB di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan. Pria kelahiran Bandung, 6 November 1959 itu meninggal pada usia 64 tahun.

Pada Pilkada DKI 2012, Faisal pernah maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen. Saat itu, ia bersaing dengan pasangan incumbent Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli diprediksi akan melaju ke putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, bersama pasangan Joko Widodo-Basuki T Purnama (Ahok). Kendati gagal masuk putaran kedua, Faisal saat itu mengaku tidak merasa kalah.

Baca Juga

Dengan amat sederhana, Faisal menjelaskan, jalan independen yang ia pilih dalam Pilkada DKI Jakarta merupakan garis perjuangan dan bukan semata-mata untuk mengejar jabatan. Independen merupakan upaya membangun kedaulatan politik berbasis warga bukan partai politik.

"Selama ini warga banyak ditinggalkan partai politik. Ini bagian upaya kita untuk melakukan koreksi terhadap kehidupan politik yang ada sekarang," katanya kepada wartawan.