Kamis 05 Sep 2024 10:17 WIB

Bela Palestina, Aktivis Greta Thunberg Ditangkap Polisi

Aksi bela-Palestina di kampus-kampus negara Barat dimulai lagi.

Red: Fitriyan Zamzami
Aktivis lingkungan hidup Greta Thunberg ditangkap polisi saat mengikuti aksi bela-Palestina di Universitas Kopenhagen Denmark, Rabu (4/9/2024).
Foto: Twitter/X
Aktivis lingkungan hidup Greta Thunberg ditangkap polisi saat mengikuti aksi bela-Palestina di Universitas Kopenhagen Denmark, Rabu (4/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN – Aktivis Greta Thunberg ditangkap bersama dengan mahasiswa pengunjuk rasa pro-Palestina di Universitas Kopenhagen di Denmark pada demonstrasi pro-Palestina pada Rabu (4/9/2024). Ini adalah kesekian kalinya Thunberg berurusan dengan hukum terkait pembelaannya atas warga Palestina.

“Mahasiswa Menentang Pendudukan dan saya berada di gedung administrasi Universitas Kopenhagen,” tulis Thunberg dalam video yang dibagikan di akun Instagram-nya. Para pengunjuk rasa dilaporkan memblokir pintu masuk gedung dan tiga orang masuk. “Polisi telah dipanggil, dengan kasar memasuki gedung dengan alat pendobrak dan memakai senapan serbu. Mereka mengusir semua orang saat ini,” tambah Thunberg.

Baca Juga

Dia menulis, “Kami di sini karena dialog, perkemahan, demonstrasi, dan metode-metode lain setelah kampanye selama 3 tahun TIDAK membuat universitas memenuhi tuntutan termasuk boikot akademis institusional.” Thunberg mengatakan para mahasiswa “telah ditangkap dan dibawa ke kantor polisi saat ini juga.” Video berikutnya menunjukkan Thunberg, dengan kaffiyeh di lehernya, diborgol dan dimasukkan ke dalam mobil polisi.

Dilansir Palestine Chronicle, dalam pernyataan persnya, Students Against the Occupation mengatakan, “Sementara situasi di Palestina memburuk, Universitas Kopenhagen melanjutkan kolaborasinya dengan universitas-universitas Israel dan dengan demikian menyumbangkan pengetahuan yang digunakan untuk melakukan genosida.”

Ia melanjutkan, “Itulah sebabnya kami menempati Museum Universitas Kopenhagen di Fue Plads, yang merupakan kantor rektor. Kami tidak akan meninggalkan situs ini sampai Universitas Kopenhagen mengakhiri kerjasama dengan universitas-universitas Israel.”

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa universitas-universitas Denmark “harus memboikot” universitas-universitas Israel, “sama seperti universitas-universitas Rusia yang diboikot pada tahun 2022.”

“Kami secara khusus meminta KU (Københavns Universitet) membatalkan kolaborasi penelitian dan perjanjian pertukaran dengan lembaga akademis Israel dan secara terbuka mengkritik keterlibatan mereka dalam pendudukan Negara Israel di Palestina,” kata pernyataan itu.

Lebih lanjut mereka menuntut KU “melindungi kebebasan akademik dengan menolak bekerja sama dengan universitas yang digunakan sebagai alat politik.” “Boikot Akademik Sekarang!” desak para siswa. Menurut media Denmark, sekitar 20 pengunjuk rasa berkumpul di universitas dan enam di antaranya ditangkap.

Hingga memasuki bulan ke-11, Israel masih terus melakukan genosida di Jalur Gaza. Mereka juga melakukan serangan besar-besaran ke Tepi Barat sejak pekan lalu. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dilaporkan terus berupaya menghalangi gencatan senjata.

Kantor berita WAFA mengutip sumber-sumber medis mengkonfirmasi bahwa jumlah syuhada warga Palestina akibat serangan Israel sejak 7 Oktober telah meningkat menjadi 40.819 korban jiwa, dengan tambahan 94.291 orang menderita luka-luka. Mayoritas korbannya adalah perempuan dan anak-anak.

Menurut sumber yang sama, layanan darurat masih belum dapat menjangkau banyak korban dan mayat yang terperangkap di bawah reruntuhan atau berserakan di jalan-jalan di daerah kantong yang dilanda perang tersebut, karena pasukan pendudukan Israel terus menghalangi pergerakan kru ambulans dan pertahanan sipil.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement