Jumat 06 Sep 2024 05:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Mitigasi Gempa dan Doa Sebagai Ikhtiar

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah.

Red: Ani Nursalikah
Gempa Bumi. Ilustrasi
Foto:

Dari hal ini kita tentu ingat dahsyatnya gempa bumi yang diikuti oleh tsunami di Aceh, Pangandaran dan daerah lainnya di Indonesia yang telah mengakibatkan korban ratusan ribu jiwa serta kerugian harta benda yang tidak sedikit nilainya. Dari hal ini, kita perlu melakukan ikhtiar dan upaya-upaya mitigasi untuk mengurangi risiko akibat bencana gempa bumi dan tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah merilis langkah-langkah mitigasi bencana gempa bumi pada waktu sebelum, saat, dan setelah musibah gempa bumi melanda. Sebelum ada gempa bumi, penting bagi kita untuk mengenali lingkungan sekitar seperti struktur bangunan, letak pintu, lift, tangga darurat, dan tempat paling aman untuk berlindung.

Penyebab celaka paling banyak ketika terjadi gempa bumi adalah akibat kejatuhan material, sehingga penting untuk meletakkan benda yang berat sebisa mungkin berada pada bagian bawah.

Saat terjadi gempa bumi, lindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan dengan berlindung di bawah meja atau kolong ruang yang beratap kuat. Kita bisa lari ke luar bangunan dan menjauh dari bangunan atau benda yang ada di sekitar seperti gedung, tiang listrik, pohon dan sejenisnya. Jika di daerah pantai, waspadai tsunami dan jika di daerah pegunungan waspadai longsor.