Kamis 05 Sep 2024 12:53 WIB

Ini Percakapan Penuh Keteduhan antara Paus Fransiskus dan Imam Masjid Istiqlal

Paus menyinggung adanya ancaman, sebuah masa kegelapan

Rep: Frederikus Bata/ Red: Teguh Firmansyah
Imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mencium kening Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus
Foto: Republika/Thoudy Badai
Imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mencium kening Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paus Fransiskus mendatangi terowongan silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal-Gereja Katedral Jakarta, pada Kamis (5/9/2024) pagi menjelang siang WIB. Seperti biasa Paus menggunakan kursi roda, menyusuri area itu. Di sampingnya ada imam Masjid Istiqlal, Kiai Haji Nasaruddin Umar.

Kiai Haji Nasaruddin memandu Paus Fransiskus. Ia menerangkan di dalam terowongan ini, banyak simbol-simbol yang sangat artistik, indah, dan melambangkan toleransi.

Baca Juga

Lalu Paus juga berbicara. Terlebih dahulu ia menyapa semua orang dengan salam damai. Ia mengucapkan selamat atas adanya terowongan ini. 

"Ini adalah tempat dialog dan perjumpaan," ujar pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia itu dalam bahasa Italia, diartikan ke bahasa Indonesia melalui penerjemah.

Paus melanjutkan kata-katanya, sementara Imam Masjid Istiqlal, memegang mic membantu Paus saat berbicara.

Paus mengajak semua yang hadir kembali membayangkan kata terowongan. Biasanya, orang-orang akan memikirkan lorong  yang  gelap, apalagi saat berjalan sendirian.

Namun faktanya, di terowongan ini berbeda. Paus menegaskan, sebagai kaum beriman dengan tradisi keagamaan berbeda-beda, semua memiliki tugas membantu orang-orang melewati terowongan ini dengan pandangan yang diarahkan menuju terang.

"Dengan demikian, di akhir perjalanan kita akan mampu mengenal dalam diri mereka yang berjalan di samping kita, seorang saudara, seorang saudari, yang dengannya kita dapat berbagi kehidupan dan saling mendukung satu sama lain," kata tokoh yang pada 17 Desember 2024 itu, berusia 88 tahun ini.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement