Kamis 05 Sep 2024 19:37 WIB

''Rumah Indonesia, Rumah Kita'' Jadi Puisi Harapan Terakhir Faisal Basri untuk Indonesia

Dalam puisinya, Faisal berharap adanya pemimpin yang jujur untuk memimpin Indonesia.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Ekonom Senior Indef Faisal Basri sempat menulis puisi untuk Indonesia, sehari setelah peringatan Hari Kemerdekaan RI. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ekonom Senior Indef Faisal Basri sempat menulis puisi untuk Indonesia, sehari setelah peringatan Hari Kemerdekaan RI. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekonom senior Faisal Basri meninggal dunia pada Kamis (5/9/2024). Faisal berpulang pada sekira pukul 03.50 WIB di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan. Pria kelahiran Bandung, 6 November 1959 itu meninggal pada usia 64 tahun.

Dari penelusuran Republika, Faisal memiliki laman blog pribadinya  faisalbasri.com yang berisi curahan pemikirannya. Terakhir, Faisal mengedit puisi miliknya sehari setelah hari kemerdekaan Indonesia, Sabtu (18/8/2024). Diketahui, puisi yang berjudul "Rumah Indonesia, Rumah Kita" ia tulis pada 9 Desember 2023.

Baca Juga

Dalam puisinya, Faisal berharap adanya pemimpin yang jujur untuk memimpin Indonesia. Menurutnya, sudah saatnya bangsa ini menata "Rumah Indonesia" dengan memperkuat pondasi, mereparasi pilar dan menambal kebocoran yang ada guna mewujudkan Indonesia baru.

Berikut puisi harapan yang dituliskan Faisal Basri: