Kamis 05 Sep 2024 21:51 WIB

Jepang Hancurkan China 7-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jepang memuncaki Grup C dengan nilai tiga, unggul selisih gol dari Bahrain.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Jepang Takumi Minamino (kedua kanan) mencetak gol ke gawang China pada laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Saitama, Tokyo, Jepang, Kamis (5/9/2024).
Foto: AP Photo/Shuji Kajiyama
Penyerang Jepang Takumi Minamino (kedua kanan) mencetak gol ke gawang China pada laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Saitama, Tokyo, Jepang, Kamis (5/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang mengirimkan pesan kuat bagi para pesaingnya di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim Samurai Biru menghancurkan China 7-0 pada laga di Stadion Saitama, Kamis (5/9/2024) malam WIB.

Hasil ini menempatkan Jepang memuncaki Grup C dengan nilai tiga, unggul selisih gol dari Bahrain yang menaklukkan Australia 1-0.

Baca Juga

Pemain sayap Brighton Kaoru Mitoma, yang melewatkan sebagian besar pertandingan tahun ini karena cedera, mencatatkan penampilan pertamanya untuk Jepang sejak Piala Asia pada bulan Januari.

Dia mengumumkan kembalinya dia ke lapangan hijau dengan gaya di depan lebih dari 50 ribu penggemar di Saitama. Ia mencetak gol dengan sundulan di babak pertama setelah pemain Liverpool Wataru Endo memberi Jepang keunggulan.

Takumi Minamino menambahkan dua gol lagi setelah turun minum untuk membawa Jepang menguasai kendali melawan China yang ingin lolos ke Piala Dunia pertama mereka sejak 2002.

Junya Ito, yang juga bermain untuk Jepang untuk pertama kalinya sejak Piala Asia, kembali mencetak gol sebelum gol-gol akhir dari Daizen Maeda dan Takefusa Kubo, menutup penampilan dominan tim asuhan Hajime Moriyasu.

Ini malam yang tak terlupakan bagi China, yang lolos ke babak ketiga kualifikasi berkat rekor head-to-head yang unggul atas Thailand.

Jepang memberikan ketakutan awal kepada China ketika Ritsu Doan melepaskan sundulan ke arah gawang sehingga kiper Wang Dalei harus jumpalitan di daerahnya. Namun peringatan itu 'tidak dihiraukan' China dengan Endo mendapati dirinya sama sekali tidak terkawal dan menanduk bola, menjadi gol pembuka pada menit ke-12.

Jepang menggandakan keunggulan mereka menjelang turun minum ketika Mitoma menerima umpan silang Doan di tiang belakang pada masa tambahan waktu tepatnya menit 45+2.

Minamino membawa Jepang mengawali babak kedua dengan baik lewat gol pada menit ke-52. Ia melewati bek lawan di kotak penalti China dan melepaskan tembakan melengkung melewati Wang dan masuk ke gawang memperbesar keunggulan Jepang 3-0.

Penyerang AS Monaco itu kembali mencetak gol enam menit kemudian, kembali menembus pertahanan China dan melepaskan tembakan melewati Wang membuat Jepang unggul 4-0.

Ito menandai kembalinya ke tim dengan gol kelima Jepang pada menit ke-77 setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Pemain sayap Reims itu tidak tampil sejak ia meninggalkan skuad Piala Asia setelah sebuah majalah Jepang menerbitkan tuduhan ia melakukan pelecehan seksual terhadap dua wanita di sebuah hotel di Osaka tahun lalu.

Jaksa Jepang membatalkan tuntutan terhadap pemain tersebut bulan lalu dan dia membantah melakukan kesalahan.

Maeda mencetak gol keenam Jepang melalui sundulan membentur tiang belakang pada menit ke-87. Akhirnya Kubo melengkapi penderitaan China dengan gol ke tujuh Jepang pada menit 90+5.

Jepang dan China juga berada satu grup dengan Australia, Arab Saudi, Bahrain dan Indonesia di grup terberat dari tiga grup yang ada. Dua tim teratas langsung lolos ke Piala Dunia 2026, dan tim peringkat ketiga dan keempat akan melaju ke babak kualifikasi selanjutnya. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement