Jumat 06 Sep 2024 05:46 WIB

RI Dorong Transisi Energi bagi Negara Berkembang dalam ISF 2024

ISF 2024 merupakan ajang resmi Pemerintah Indonesia.

Red: Erdy Nasrul
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato pembukaan Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2024).
Foto: ANTARA/Andi Firdaus
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato pembukaan Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan paparan pada saat sesi diskusi pada acara Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Sesi diskusi tersebut mengambil tema Advancing Energy Transition in Emerging Economies.

Baca Juga

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan melalui gelaran ISF ini, Pemerintah Indonesia mengukuhkan komitmennya untuk mewujudkan kolaborasi bersama agar efek gas rumah kaca dan dekarbonisasi (Net Zero Emissions/NZE) bisa terwujud.

"Indonesia telah membuktikan bahwa negara berkembang juga bisa mendorong pemajuan transisi energi," kata Luhut.

Pemerintah Indonesia sebelumnya, telah menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan NZE yang tercantum dalam Perjanjian Paris melalui Enhanced-Nationally Determined Contribution (E-NDC) sebanyak 912 juta ton pada tahun 2030.

Saat konferensi pers ISF 2024, Luhut menyampaikan terdapat hampir 11.000 peserta yang menghadiri forum ISF ini.

“Ini ISF tahun kedua dan saya senang sekali penyelenggaraan ini berhasil dan peserta yang daftar jauh lebih banyak dari tahun lalu. Tahun ini hampir 11.000 peserta,” tutur Luhut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan Indonesia sangat terbuka bermitra dengan siapapun untuk memaksimalkan potensi bagi dunia yang lebih hijau.

“Memberi akses energi hijau yang berkeadilan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan,” kata Jokowi.

Sementara itu, dalam sesi pleno ke-4 menghadirkan pembicara Director RGE Anderson Tanoto, President Director Mitsubishi Heavy Industries Toru Yoshioka, President of APAC, LONGI Group Dennis She, Suntech Chairman Wu Fei, Direktur Utama PLN Wiluyo Kusdwiharto dan CEO of BNEF Jon Moore.

Diskusi sesi pleno keempat Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, membahas tentang Transitioning the Power Sector to Zero Emissions.

ISF 2024 merupakan ajang resmi Pemerintah Indonesia bagi para pemimpin dunia dari berbagai sektor dan negara untuk dapat bertukar pikiran dan pengetahuan sekaligus memberikan solusi dan praktek terbaik menghadapi perubahan iklim.

Perhelatan akbar yang berlangsung selama dua hari itu meliputi sejumlah agenda mulai dari sesi utama yang menghadirkan pembicara kunci, Pleno, Tematik, High Level Dialogue, Memorandum of Understanding (MoU) Signing, Pameran, hingga Gala Dinner. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement