Jumat 06 Sep 2024 06:58 WIB

Menko Airlangga Sebut Kedatangan Paus Jadi Simbol Perkuat Persatuan

Semoga kunjungan bersejarah ini semakin memperkuat kerukunan dan persaudaraan.

Red: Erik Purnama Putra
Umat Katolik mengikuti Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus di Stadion Madya Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusa, Kamis (5/9/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Umat Katolik mengikuti Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus di Stadion Madya Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusa, Kamis (5/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyebut, kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, menjadi simbol memperkuat persatuan kerukunan antarumat beragama. "Selamat datang Yang Mulia Bapak Paus Fransiskus di Bumi Pancasila," ucap Airlangga lewat akun Instagram @airlanggahartarto_official dikutip di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Menko Airlangga menyampaikan sambutan selamat datang kepada Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Dia menilai, kedatangan Paus merupakan simbol dari semangat persatuan dan keharmonisan antaragama.

Selain itu, juga memperlihatkan komitmen yang mendalam untuk membangun jembatan dialog dan saling toleransi. "Semoga kunjungan bersejarah ini semakin memperkuat kerukunan, persaudaraan, dan perdamaian untuk segenap anak bangsa dan seluruh umat manusia" ucap Airlangga.

Kunjungan apostolik Sri Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi kunjungan awal dalam turnya ke wilayah Asia Pasifik. Selain Indonesia, Paus juga berencana mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste, dan  Singapura.

Selamat empat hari kunjungannya, Paus Fransiskus melakukan pertemuan kenegaraan hingga pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal. Saat tiba di Masjid Istiqlal, Paus disambut oleh kelompok anak yang menabuh marawis. Paus Fransiskus juga diberi bunga dan disambut Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Paus menyatakan kekagumannya dengan Pancasila yang dimiliki Indonesia dan sangat menghargai dan mengapresiasi Indonesia yang memiliki Bhinneka Tunggal Ika.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement