Jumat 06 Sep 2024 09:07 WIB

Maarten Paes Banjir Pujian, Tangkal Serbuan Saudi Hingga Gagalkan Penalti Al Dawsari

Maarten Paes mengawali debut perdana bersama timnas dengan apik.

Rep: Thr/Fitriyanto/ Red: Teguh Firmansyah
Maarten Paes
Foto: Republika.co.id
Maarten Paes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Debut pertama kipper timnas Indonesia, Maarten Paes mendapatkan pujian banyak pihak. Dalam laga kualifikasi Piala Dunia melawan Arab Saudi, Paes sukses menahan gempuran bola dari para pemain besutan pelatih Diego Mancini.

Salah satu keberhasilan tersebut adalah Ketika Paes menahan tendangan pinalti dari pemain Saudi. Paes secara gemilang menggagalkan tendangan penalti kapten Arab Saudi Salem Al Dawsari pada menit ke-79 yang membuat pertandingan tersebut berakhir sama kuat. Paes dengan mulus menebak bola ke arah kiri gawang sehingga pendukung tuan rumah terdiam.

Baca Juga

"Too smooth from Maarten Paes. 😮‍💨 He's making his official debut for Indonesia in their World Cup qualifier," tulis akun Federasi Sepakbola AS, Major League Soccer, lewat akunnya.

Sejumlah warganet menilai, Maarten Paes layak untuk menjadi Man of the Match atas kegemilangannya dalam menahan gempuran Saudi.

Tercatat ada 18 tendang Saudi yang tujuh di antarannya langsung ke target. Penguasan bola Arab Saudi juga mencapai 65 persen berbanding Indonesia 35 persen.

"Paes memang perform," tulis warganet.

Maarten Paes cukup punya nama di liga AS. Ia pernah mendapat pujian oleh Messi atas penampilan apiknya. Paes resmi menjadi WNI pada akhir April 2024 lalu.

Penjaga gawang Timnas Indonesia, Maarten Vincent Paes sebelumnya dipastikan bisa memperkuat tim saat berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat 6 September 2024 dinihari nanti.

Hal ini disampaikan oleh manajer Timnas Sumardji seusai kegiatan Match Coordination Meeting di Jeddah, Rabu 4 September 2024.

“Hari ini sudah selesai kegiatan MCM untuk pertandingan Arab Saudi kontra Indonesia. Pada saat MCM disampaikan dan disahkan bahwa Paes bisa dimainkan di laga tersebut,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh penggemar atas doa dan dukungan. Begitu juga untuk Ketua Umum PSSI, Erick Thohir atas kerja kerasnya sehingga hal ini bisa terwujud.

“Terima kasih sebesar-besarnya untuk Pak Erick Thohir atas usaha yang sudah dilakukan untuk bisa membuat Maarten Paes bisa dimainkan secepatnya,” tutur Sumardji.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement