Jumat 06 Sep 2024 17:45 WIB

Dosen Universitas BSI Antusias Ikuti Pelatihan Cloud Computing Engineer

Cloud computing tak sekadar menyimpan data di awan tapi juga memahami teknologi.

Red: Friska Yolandha
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggelar pelatihan bertajuk Cloud Computing Engineer yang ditujukan bagi para dosen.
Foto: dok Republika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggelar pelatihan bertajuk Cloud Computing Engineer yang ditujukan bagi para dosen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggelar pelatihan bertajuk "Cloud Computing Engineer" yang ditujukan bagi para dosen. Pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari upaya universitas untuk memperkuat kompetensi dosen dalam bidang teknologi yang terus berkembang, khususnya dalam teknologi cloud computing.

Pelatihan ini diadakan pada Selasa (27/9/2024) secara hybrid, luring di Gedung Rektorat Universitas BSI Jl Kramat Raya No 98, Senen, Jakarta Pusat dan daring via zoom. Selama pelatihan, para dosen diberikan pembekalan mengenai konsep dasar hingga aplikasi praktis dari cloud computing. Materi pelatihan mencakup arsitektur cloud, layanan-layanan cloud, manajemen data di cloud, keamanan cloud, serta implementasi teknologi cloud dalam pembelajaran.

Baca Juga

Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI, Rachmat Adi Purnama dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan dosen dalam bidang cloud computing.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan dosen dalam bidang cloud computing, sehingga mereka dapat lebih efektif dalam mengintegrasikan teknologi ini ke dalam kurikulum dan kegiatan pengajaran bagi mahasiswa. Kami percaya bahwa dosen yang memiliki kemampuan teknologi terkini akan mampu menciptakan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja,” ucap Rachmat.

Pelatihan ini diisi oleh para praktisi dan ahli di bidang cloud computing yang sudah memiliki sertifikasi internasional. Salah satu sebagai pembicara utama yakni, Rendy Fransiskus Cundawan, Solution Architect AWS PT Metrodata Electronics Tbk, mengungkapkan pentingnya memahami teknologi cloud dalam era digital saat ini.

Cloud computing bukan hanya tentang menyimpan data di awan, tetapi juga tentang bagaimana kita memanfaatkan teknologi ini untuk inovasi, efisiensi, dan keamanan dalam berbagai sektor,” ujar Rendy.

Antusiasme para dosen dalam mengikuti pelatihan ini sangat tinggi. Mereka berharap bahwa ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikan langsung dalam proses pengajaran, serta meningkatkan kualitas lulusan Universitas BSI yang siap bersaing di era Revolusi Industri 4.0.

Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengembangan kompetensi yang secara rutin diselenggarakan oleh Universitas BSI. Kedepannya, universitas berencana untuk terus memperluas pelatihan serupa dalam bidang teknologi lainnya, sebagai upaya untuk selalu berada di garis depan inovasi pendidikan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement