Jumat 06 Sep 2024 18:27 WIB

Rano Karno Sindir Ada Cagub yang Hatinya tidak untuk Jakarta, Apakah Ridwan Kamil?

Bang Emil mengaku, pencalonannya di Pilkada Jakarta adalah atas permintaan Prabowo.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta, Rano Karno.
Foto: Antara/Luthfia Miranda Putri
Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta, Rano Karno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rano Karno, calon wakil gubernur (cawagub) dari PDI Perjuangan menyindir salah-satu calon gubernur (cagub) Jakarta yang hatinya ‘tersandera’ karena politik untuk Pilkada Jakarta 2024.

Rano mengatakan, cagub tersebut sudah mengakui keinginan hatinya untuk melanjutkan karier politiknya di Jawa Barat (Jabar). Menurut Rano, pertentangan hati salah-satu cagub tersebut, yang berisiko untuk keberlanjutan masyarakat di Jakarta, jika terpilih nantinya.

Baca Juga

“Maunya dia di Jakarta atau di Bandung (Jabar)? maunya dia di mane? sebenarnya dia mau di sono (Jabar). Kenapa  sekarang dia di sini (Jakarta)? Karena diminta untuk di sini (Jakarta). Sekarang kalau memang dia di sini (Jakarta) tidak dengan hati, gimana mau dikerjain?,” sindir Rano saat menemui relawan Pramono - Rano di Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (6/9/2024).

Rano tak menjelaskan siapa cagub yang dimaksudnya itu. Akan tetapi, dalam Pilkada Jakarta 2024 hanya ada satu cagub yang berasal dari Bandung, Jabar, yakni, Ridwan Kamil yang berpasangan dengan cawagubnya Suswono usungan dari 15 partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Ridwan Kamil, adalah politikus dari Partai Golkar, dan Suswono adalah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan KIM Plus, diketuai oleh Partai Gerindra. Pada Senin (2/9/2024) lalu, Bang Emil, begitu Ridwan Kamil ingin dipanggil selama Pilkada Jakarta, pernah mengungkapkan pencalonannya di Pilkada Jakarta bukan atas kemauannya sendiri.

Bang Emil mengaku, pencalonannya di Pilkada Jakarta adalah atas permintaan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Prabowo adalah Presiden terpilih dari hasil Pilpres 2024. Bang Emil, adalah salah-satu tim sukses Prabowo yang berpasangan dengan cawapres terpilih Gibran Rakabuming.

“Alhamdulillah pesiden pilihan kita, Pak Prabowo dan Mas Gibran sebagai wakil presiden, Allah takdirkan terpilih. Nah jadi, salah-satu alasan saya ke Jakarta, karena memang diminta oleh beliau untuk mengurusi Jakarta,” kata Bang Emil, saat menemui Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), Senin (2/9/2024) lalu.

Bang Emil mengakui, zona nyamannya untuk kontestasi pemilihan kepada daerah adalah di Jabar. Bang Emil, memang mantan wali kota Bandung, dan juga mantan gubernur Jabar. Kata dia, tingkat kepuasan masyarakat dalam kepemimpinnya di Jabar mencapai 90 persen.

Dia mengatakan, jika menghendaki keterpilihan ulang di Jabar, kepuasan publik yang tinggi tersebut memberikan modal yang besar untuk kembali melaju sebagai cagub di Pilkada Jabar 2024. “Tetapi Pak Prabowo menunjukkan, tolong urus Jakarta,” begitu ungkap Bang Emil.

Selain pasangan Pramono - Rano, dan Bang Emil - Suswono, dalam Pilkada Jakarta, juga ada pasangan cagub-cawagub dari jalur independen. Yakni pasangan Dharma Pongrekun - Kun Wardhana. Akan tetapi, pasangan dari jalur independen itu, tak diperhitungkan dalam persaingan antara pasangan Pramono -Rano, dan Bang Emil - Suswono.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement