Sabtu 07 Sep 2024 09:20 WIB

Viral Ceramah Habib Rizieq Shihab Haramkan Ganggu Misa yang Dipimpin Paus

Habib Rizieq meminta umat Islam juga tak menghadiri misa umat Katolik.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Habib Rizieq Shihab (HRS) mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) 47 di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (14/2/2024) tengah hari untuk melakukan pencoblosan pilpres dan pileg 2024.
Foto:

Kunjungan apostolik dan kenegaraan Paus Fransiskus di Indonesia berakhir Jumat (6/8/2024) hari ini. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab dipanggil Gus Men mengungkap ada tiga pesan Paus Fransiskus untuk bangsa Indonesia.

“Ada tiga pesan pokok yang juga disampaikan Paus Fransiskus. Pertama, keragaman di Indonesia merupakan kekuatan dan harus dipelihara dan menjadi blessing atau anugerah bagi bangsa Indonesia ini,” ujar Gus Men usai mengantar keberangkatan Paus Fransiskus menuju Papua Nugini di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (6/9/2024). . 

Kedua, Paus Fransiskus juga berpesan agar senantiasa mengedepankan dialog untuk mengatasi setiap perbedaan dan perselisihan. “Kemudian, menjaga lingkungan agar tetap hijau, karena itu menjadi milik atau hak generasi-generasi yang akan datang,” ucap dia. 

Menurut Gus Men, tiga pesan ini sejalan dengan pesan yang selalu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Ada kesamaan pesan antara Presiden Joko Widodo dengan Paus Fransiskus yang disampaikan beliau hari ini. Dan saya kira ini menjadi pesan yang penting untuk kita,” kata Gus Men.