Ahad 08 Sep 2024 09:23 WIB

Misi 8 Hari Jadi 8 Bulan, Boeing Starliner Kembali ke Bumi tanpa Astronaut

Starliner memulai perjalanan selama enam jam dan kembali ke Bumi tanpa hambatan.

Red: Friska Yolandha
Dalam foto yang disediakan oleh NASA ini, Boeing dan tim NASA bekerja di sekitar pesawat ruang angkasa Boeing Crew Flight Test Starliner milik NASA setelah mendarat tanpa awak, Jumat, 6 September 2024, di White Sands, New Mexico, setelah lepas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.
Foto:

Lima dari 28 pendorong manuver Starliner mengalami kerusakan saat Wilmore dan Williams berada di dalamnya saat mendekati ISS pada bulan Juni, sementara sistem propulsi yang sama mengalami beberapa kebocoran helium, yang digunakan untuk memberi tekanan pada pendorong.

Meskipun berhasil berlabuh pada tanggal 6 Juni, kerusakan Starliner memicu penyelidikan selama berbulan-bulan oleh Boeing - dengan bantuan dari NASA - yang telah menghabiskan biaya perusahaan sebesar 125 juta dolar AS.

Masalah Starliner Boeing terus berlanjut sejak pesawat antariksa itu gagal dalam perjalanan uji coba ke ISS pada tahun 2019 tanpa awak. Starliner melakukan misi ulang pada tahun 2022 dan sebagian besar berhasil, meskipun beberapa pendorongnya tidak berfungsi dengan baik.

Masalah yang dialami raksasa kedirgantaraan itu merupakan perjuangan terbaru yang mempertanyakan masa depan Boeing di luar angkasa, domain yang telah dikuasainya selama beberapa dekade hingga SpaceX milik Elon Musk mulai menawarkan peluncuran yang lebih murah untuk satelit dan astronot serta mengubah cara NASA bekerja dengan perusahaan swasta.