Senin 09 Sep 2024 01:00 WIB

Sholat Witir Sebelum atau Sesudah Tidur?

Doa Qunut juga lazim dibaca pada rakaat terakhir sholat witir.

Red: A.Syalaby Ichsan
Infografis Keutamaan Sholat Tahajud
Foto: Republika.co.id
Infografis Keutamaan Sholat Tahajud

REPUBLIKA.CO.ID,Syahdunya malam menjadi momentum terbaik bagi hamba untuk mendekati Sang Khalik. Seusai menunaikan sholat Isya dan sholat Tahajud, ada satu ritual sholat lainnya yang kerap menjadi penutup malam. Dialah shalat witir.

Amat besar keutamaan sholat yang secara bahasa bermakna ganjil ini. Salah satunya yang termaktub dalam hadis riwayat Abu Dawud. Sesungguhnya Allah Yang Mahatinggi telah membekali kalian dengan satu shalat yang lebih baik bagi kalian dari binatang yang paling bagus, yaitu sholat witir. Dia menjadikannya untuk kalian antara sholat Isya sampai terbit fajar.

Baca Juga

Meskipun tak pernah mewajibkan, Rasulullah SAW memang memerintahkan dan mencontohkan shalat witir. Karena itu, sholat witir ter masuk ke dalam sunnah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan.

Syekh Abdul Aziz bin Baaz menjelaskan, sholat witir dilakukan minimal satu rakaat yang dilakukan antara sholat Isya dan sholat Subuh. Sholat ini dianjurkan karena Allah itu bersifat ganjil dan menyukai segala sesuatu yang sesuai dengan sifat-sifat-Nya.

Kapan kiranya sholat Witir dilaksanakan? Apakah setelah tidur atau sebelum tidur? Mengenai perkara tersebut, Dr Sa'id bin Ali bin Wahf al-Qahthani dalam Ensiklopedi Shalat menjelaskan tentang sebuah hadis yang bersumber dari Abu Hurairah Ra.

Dia bercerita, Kekasihku SAW telah mewasiatkan tiga hal kepadaku (yang aku tidak akan meninggalkannya sampai aku mati kelak), yaitu puasa tiga hari pada setiap bulan, dua rakaat Dhuha dan mengerjakan witir sebelum tidur.

Meski demikian, al-Hafizh Ibnu Hajar menjelaskan, dalam hadis tersebut terkandung pengertian disunnahkannya mendahulukan sholat witir sebelum tidur. Dalil tersebut berlaku bagi orang yang yakin untuk tidak bangun sebelum Subuh. Selain itu, berlaku juga untuk orang yang mengerjakan sholat antara dua tidur.

Karena itu, ada hadis lain yang menjelaskan tentang keutamaan shalat witir bagi mereka yang yakin bangun pada akhir malam. Barang siapa yang khawatir tidak bangun pada akhir ma lam maka hendaklah dia mengerjakan witir pada permulaan malam.

"Dan barang siapa yang berkeinginan untuk bangun pada akhir malam maka hendaklah dia mengerjakan witir pada akhir malam karena pada akhir malam itu disaksikan (oleh para malaikat) dan yang demikian itu lebih baik (afdhal)" (HR Muslim).

Al-Qahthani juga membagi sholat witir berdasarkan jumlah rakaatnya. Di antaranya yakni satu rakaat witir yang menutup shalat malam 11 dan 13 rakaat. Lima rakaat witir yang menutup shalat malam 13 rakaat. Dalam sholat lima rakaat ini, diriwayatkan jika Rasulullah SAW shalat tanpa duduk pada kelima rakaat tersebut kecuali pada rakaat terakhir.

 

Sholat tahajud sembilan rakaat.. Baca selanjutnya.. 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement