Senin 09 Sep 2024 11:28 WIB

Kucing adalah Hewan Jelmaan Jin? Begini Penjelasan Ulama Al-Azhar Mesir

Kucing tidak ada kaitannya dengan jelmaan jin

Red: Nashih Nashrullah
(ilustrasi) kucing. Kucing tidak ada kaitannya dengan jelmaan jin
Foto: www.freepik.com
(ilustrasi) kucing. Kucing tidak ada kaitannya dengan jelmaan jin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Jika dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW pernah menyebut bahwa anjing hitam adalah jelmaan jin, bagaimana dengan kucing. Apakah kucing juga termasuk salah satu hewan jelmaan jin?

Dikutip dari Masrawy, Senin (8/9/2024), Dr Mabrouk Attia, seorang profesor hukum Islam di Universitas Al-Azhar Mesir, mengomentari kontroversi yang muncul selama beberapa hari terakhir mengenai hukum memelihara kucing di rumah, karena beberapa orang mengatakan bahwa jin mendiami kucing.

Baca Juga

Profesor hukum Islam di Universitas Al-Azhar ini mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara jin dan kucing, dan mencatat bahwa jin ada di semua tempat, termasuk di Masjid Nabawi, sesuai dengan apa yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Mengenai hukum memelihara kucing, Attia menjelaskan bahwa tidak ada larangan untuk memelihara kucing di rumah-rumah, jika orang tersebut dapat merawatnya dan tidak membahayakan orang lain.

Atiyeh menambahkan dalam program “Kalam al-Nas” di MBC Mesir: Nabi Muhammad SAW berwudhu dengan air yang diminum kucing, untuk membuktikan bahwa air tersebut bersih dan tidak najis.

BACA JUGA: Heboh Kumpul Kebo di Mesir Dihalalkan Merujuk Abu Hanifah, Ini 7 Peringatan Al-Azhar

Dia merujuk kepada hadist Nabi SAW tentang kucing:

إنها ليست بنجس، إنها من الطوافين عليكم والطوافات

“Kucing itu tidak najis, ia termasuk hewan yang berkeliaran di antara kalian dan hewan yang berkeliaran di sekeliling kalian.”

Fakta...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement