Senin 09 Sep 2024 12:20 WIB

Empat Lulusan SMA Tarnus Bakal Jadi Menteri, Ini Daftar Prediksinya

Hashim Djojohadikusumo memastikan, Prabowo memberi empat menteri lulusan SMA Tarnus.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono diprediksi menjadi menteri di kabinet Presiden Prabowo Subianto.
Foto: Republika.co.id
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono diprediksi menjadi menteri di kabinet Presiden Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo memberi bocoran, Presiden Terpilih sekaligus Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto akan menempatkan empat lulusan SMA Taruna Nusantara (Tarnus) untuk menjadi menteri. Tentu saja, nama itu sudah mengerucut ke beberapa figur.

Termasuk salah satunya Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). "Ini (AHY) salah satu yang mungkin disebut Hashim berasal dari Taruna Nusantara," kata Direktur Riset & Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI, Ibnu Dwi Cahyo di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Baca: Super Garuda Shield 2024 di Puslatpur 5 Marinir Juga Diisi Baksos

Menurut Ibnu, banyak nama besar di dekat Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang memiliki latar belakang sebagai lulusan SMA Tarnus. Dua orang paling dekat adalah kader Gerindra, yaitu Sugiono dan Prasetyo Hadi. Sugiono menjabat waketum Gerindra dan Hadi saat ini ketua DPP Gerindra.

"Masih ada kandidat lain yang berasal dari Tarnus unsur Gerindra seperti Sudaryono yang sekarang Wamentan dan Simon Aloysius yang saat ini menjabat Komisaris Utama Pertamina," kata Ibnu.

Baca: PM Anwar Ibrahim akan Hadiri Pelantikan Prabowo di Jakarta

Selain itu, kata Ibnu, dari kalangan profesional ada beberapa nama, seperti Oki Muriza dan Rahmat Kaimuddin mantan CEO Bukalapak. "Memang paling kuat nama-nama yang tadi disebut, apalagi beberapa sudah menjadi staf Prabowo sejak Gerindra berdiri. Kita lihat juga ada staf Prabowo yang maju di berbagai pilkada," ucap Ibnu.

Selain itu, Ibnu juga membahas soal keinginan Prabowo yang ingin jajaran menterinya berusia di bawah 50 tahun. Menurut dia, hal tersebut diinginkan Prabowo agar pemerintahannya dipenuhi oleh pemimpin muda yang siap melanjutkan program kerja era Presiden Joko Widodo.

"Prabowo juga ingin mengirimkan sinyal ke parpol koalisi agar mengirim kandidat menteri yang berusia muda. Tentu AHY masih muda dan ini salah satu yang mungkin disebut Hashim berasal dari Taruna Nusantara," jelas Ibnu.

Baca: Prabowo dan Menhan Australia Sepekat Tanda Tangani DCA di Akmil

Sebelumnya, Hashim mengatakan, kakak kandungnya Prabowo Subianto akan mengisi empat jabatan menteri di kabinetnya dengan tokoh lulusan SMA Tarnus. Hal itu disampaikan Hashim dalam Dialog Nasional Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang disiarkan dalam siaran Youtube, Ahad (8/9/2024).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement