Senin 09 Sep 2024 14:29 WIB

Malaysia Makin Cemburu: Medianya Nyinyir, Pengamat Sepak Bolanya Puji Erick Thohir

One Footbal Malaysia menilai yang lebih layak disebut Raja ASEAN adalah Vietnam.

Rep: Fitriyanto, Andri/ Red: Andri Saubani
Pesepak bola Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Arab Saudi pada pertandingan babak pertama laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (6/9/2024) dini hari. Pertandingan berakhir imbang dengan skor 1-1.
Foto:

Jika warganet dan media Malaysia kerap berbalas serang dengan netizen Indonesia di X soal prestasi sepak bola masing-masing, pengamat sepak bola di Negeri Jiran itu dikenal lebih objektif. Salah satu pandit yang kerap memuji prestasi timnas Indonesia adalah Faiz Gurun yang biasa mengisi acara bincang-bincang sepak bola bersama Keesh Sundareshan di Astro Arena.

Keduanya sudah kerap memantau perkembangan timnas Indonesia sejak diasuh oleh Shin Tae-yong (STY) dan berhasil melaju hingga babak final pada Piala AFF 2020 lalu. Meski saat itu kalah oleh Thailand di final, mereka sepakat skuad Garuda mengalami perkembangan signifikan di bawah asuhan STY.

Setelah penampilan impresif di beberapa turnamen resmi seperti di Piala Asia 2024 dan Piala Asia U-23 2024, Faiz bahkan menyebut timnas Indonesia sebagai ancaman di kawasan ASEAN. Menurut Faiz, timnas Indonesia saat ini yang berisi pemain lokal dan keturunan tampil impresif tidak hanya di ASEAN tapi juga ASIA lantaran kepemimpinan Erick Thohir di PSSI.

"Sebagai seorang pendukung Harimau Mayala, ancaman terhadap Harimay Malaya memanng skuad mereka sekarang ini (ada) Marcelino Ferdinand, memang Asnawi, memang STY, memang timnas dia yang, pemain 60 atau 70 pemain talent pool mereka sekarang memang bahaya. Tapi yang lebih bahaya adalah Erick Thohir," kata Faiz dalam potongan video bincang sepak bola di Astro Arena yang beredar viral di X.