Senin 09 Sep 2024 23:21 WIB

Gunung Semeru Erupsi dengan Tinggi Letusan 600 Meter

Warga diimbau mewaspadai aktivitas Gunung Semeru.

Red: Erdy Nasrul
Perkampungan sekitar Gunung Semeru.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Perkampungan sekitar Gunung Semeru.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi dengan tinggi letusan teramati sekitar 600 meter di atas puncak atau dengan ketinggian 4.276 mdpl pada Senin pukul 16:59 WIB.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 150 detik," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Mukdas Sofian dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga

Sebelumnya gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur itu mengalami dua kali erupsi pada Senin pagi yakni pukul 06:54 WIB dan visual letusan tidak teramati, namun erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 109 detik.

Kemudian erupsi kedua terjadi pada pukul 08:32 WIB dan visual letusan tidak teramati, namun erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 107 detik.