Selasa 10 Sep 2024 08:43 WIB

Kapan Waktu Terbaik untuk Bertobat?

Adanya getaran hati untuk bertobat menjadi tanda bahwa Allah menyayangi kita.

Red: Hasanul Rizqa
Bertobat kepada Allah (ilustrasi)
Foto: dok republika Thoudy Badai
Bertobat kepada Allah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa waktu yang dinilai terbaik untuk memanjatkan doa dan bertobat kepada Allah. Ini tidak berarti bahwa pertobatan di luar waktu-waktu ini pasti ditolak oleh-Nya.

Allah SWT berfirman dalam surah Ali Imran ayat 135. Artinya, “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.”

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika ada hamba Allah yang melakukan dosa, kemudian berwudhu dengan benar, memanjatkan doa, serta memohon ampun kepada-Nya, maka Allah akan mengampuni mereka.”

Dua nash itu mengisyaratkan pentingnya bertobat sesudah menyadari kemaksiatan yang baru dilakukan. Ketika panggilan jiwa langsung terasa sesudah kita berbuat dosa, sesungguhnya itu dapat menjadi penanda bahwa Allah menyayangi kita. Kesadaran itu akan membuat kita enggan terlalu jauh melibatkan diri dalam kemungkaran.