Kamis 12 Sep 2024 07:27 WIB

Kemenkop UKM Ungkap Tantangan Digital untuk UMKM

Pemerintah melakukan penataan e-commerce dan perbaikan regulasi.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Pengunjung melakukan pembayaran di salah satu merchant food & beverages, (ilustrasi). Pemerintah gencar mendorong agar UMKM masuk ke ranah digital.
Foto: Dok Republika
Pengunjung melakukan pembayaran di salah satu merchant food & beverages, (ilustrasi). Pemerintah gencar mendorong agar UMKM masuk ke ranah digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli Utama Pengembang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), RS Hanung Harimba Rachman mengatakan, saat ini pemerintah gencar mendorong agar UMKM masuk ke ranah digital. Sebab di tengah pesatnya perkembangan teknologi, digitalisasi berperan penting dalam membuat UMKM terus berkembang.

"Untuk memanfaatkan digitalisasi, kita membantu UMKM agar bisa masuk ke pasar digital. Target kita adalah 30 juta UMKM bisa masuk ke pasar digital," jelasnya dalam Forum Diskusi Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema ‘Satu Dekade Membangun Indonesia Maju’ dikutip Rabu (11/9/2024).

Baca Juga

Meski begitu, digitalisasi juga membawa tantangan seperti praktik perdagangan yang tidak sehat. Untuk menghadapinya, pemerintah melakukan penataan e-commerce dan perbaikan regulasi sesuai instruksi Presiden.

"Kita menghadapi ancaman e-commerce dari China dan mendorong UMKM untuk bertransformasi menjadi lebih kompetitif di pasar internasional," jelas Hanung.