Kamis 12 Sep 2024 10:50 WIB

Puluhan Anak SD di Bantul Keracunan Usai Konsumsi Nugget Ayam

Sebanyak lima anak saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
keracunan makanan (ilustrasi)
Foto: kidshealth.org
keracunan makanan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Puluhan anak Sekolah Dasar (SD) Unggulan Aisyiyah Bantul diduga mengalami keracunan usai menyantap makan siang yang diberikan pihak sekolah. Polres Bantul mencatat setidaknya ada 64 anak yang diduga mengalami keracunan yang terjadi pada Selasa (10/9/2024).  

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, keracunan tersebut diduga karena nugget ayam yang ada dalam makanan telah berubah rasa. Meski begitu, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium untuk memastikan hal tersebut. 

“Dugaan sementara, awal mula keracunan makanan tersebut berasal dari nugget ayam yang telah berubah rasa. Menurut guru pengajar, sempat ada siswa yang bercerita bahwa nugget ayam tersebut rasanya sudah tidak seperti biasanya. Tapi (kami) masih menunggu hasil lab yang dilakukan oleh Dinkes Bantul di BLKK Kota Yogyakarta, dan hasil pemeriksaan diketahui sekitar dua minggu,” kata Jeffry, Rabu (11/9/2024) malam. 

Jeffry menyebut, dari 64 anak yang mengalami gejala keracunan, tidak seluruhnya menjalani rawat inap. Namun, hanya lima anak yang saat ini masih dirawat di rumah sakit.