Kamis 12 Sep 2024 11:08 WIB

Ribuan Jamaah Hadiri Tabligh Akbar di Rangkaian MTQN Kaltim

Ustaz Das'ad Latif mengapresiasi penyelenggaraan MTQ Nasional ke-30 di Kaltim.

Red: Hasanul Rizqa
Ustaz Dasad Latif menyampaikan ceramah dalam gelaran MTQN Expo 2024 di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (11/9/2024) malam.
Foto: dok tangkapan layar YouTube Kominfo Kaltim
Ustaz Dasad Latif menyampaikan ceramah dalam gelaran MTQN Expo 2024 di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (11/9/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Ribuan orang dari berbagai wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim) menghadiri Tabligh Akbar yang mengundang penceramah nasional, Ustaz Das'ad Latif. Kegiatan ini berada dalam rangkaian pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke-30 yang berpusat di Gedung Plenary Hall, Samarinda, Kaltim.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni menjelaskan, MTQN yang digelar di provinsi ini pada 2024 adalah sebuah sejarah. Masyarakat Benua Etam--demikian julukan daerah ini--sudah menantikan selama puluhan tahun lamanya sebelum akhirnya Kaltim menjadi tuan rumah ajang islami ini.

Baca Juga

Untuk pertama kali, Kaltim menggelar MTQN pada 1976. Artinya, perlu waktu selama 48 tahun baru bisa kembali lagi melaksanakan festival ini.

"Ini mengingatkan kembali memori masyarakat Kaltim pada 1976. Mengapa demikian?Karena baru dua generasi saat itu, baru Kaltim menjadi kembali tuan rumah MTQ Nasional," ujar Sekda Sri Wahyuni kepada Antara di Samarinda, Kaltim, Rabu (11/9/2024) malam.