Kamis 12 Sep 2024 18:02 WIB

Bang Emil: Operasional Transjakarta Harus Diperpanjang ke Kota Penyangga

Program RK 2024 memperpanjang jalur operasional Transjakarta ke kota penyangga.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Cagub DKI Jakarta M Ridwan Kamil alias Bang Yos.
Foto: Republika.co.id/Eva Rianti
Cagub DKI Jakarta M Ridwan Kamil alias Bang Yos.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Transportasi publik di Jakarta, harus tetap menjadi salah-satu prioritas yang 'kudu' dilanjutkan pengembangannya. Calon gubernur (cagub) M Ridwan Kamil mengatakan, rencana program kerjanya jika terpilih pada Pilgub Jakarta 2024 akan memperpanjang jalur operasional Transjakarta ke kota penyangga.

Perluasan operasional bus Transjakarta tersebut, kata Bang Emil, merupakan bagian dari strategi ideal dalam menekan penggunaan kendaraan pribadi dari luar Jakarta. Hal itu untuk mengurangi kemacetan di pusat kota.

Baca Juga

Letjen (Purn) Soetiyoso alias Bang Yos adalah penggagas utama proyek Transjakarta saat menjadi gubernur DKI periode 1997-2007. Bang Emil mengungkapkan, banyak saran dan ide yang diberikan Bang Yos untuk bekal memimpin Jakarta. Salah satunya, kata Bang Emil, adalah soal transportasi publik.

Menurut dia, keberadaan bus Transjakarta sejak mulanya digagas oleh Bang Yos pada 2004, adalah sarana transportasi publik yang melayani orang yang bekerja di Jakarta. Mereka berdomisili tinggal di kota penyangga yang berbeda provinsi dan administratatif.