Kamis 12 Sep 2024 20:49 WIB

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Batalkan Rencana Kunjungan ke Israel

Borrell saat ini sedang melakukan tur regional yang membawanya ke Mesir dan Lebanon.

Red: Andri Saubani
Josep Borrell
Foto: AP Photo/Efrem Lukatsky
Josep Borrell

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, membatalkan rencana kunjungan ke Israel, menurut media Israel pada Kamis (12/9/2024). Borrell saat ini sedang melakukan tur regional yang membawanya ke Mesir dan Lebanon untuk membahas ketegangan regional terkait serangan tanpa jeda Israel di Jalur Gaza.

Namun, diplomat penting Eropa tersebut mengatakan kepada duta besar Israel untuk Uni Eropa, Haim Regev, bahwa dia memutuskan untuk membatalkan kunjungan ke Israel setelah Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menolak memberikan izin, lapor harian Israel, Yedioth Ahronoth.

Baca Juga

Borrell awalnya mengumumkan rencana kunjungannya ke Israel pada 14-15 September, tetapi Tel Aviv memintanya untuk menunda kunjungan hingga akhir Oktober, setelah masa jabatannya di Brussels berakhir. Borrell menjadi sasaran kritik keras Israel atas seruannya untuk memberlakukan sanksi terhadap Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich terkait ujaran kebencian mereka terhadap Palestina.

Pada Kamis, diplomat Eropa tersebut mengungkapkan kemarahannya atas serangan udara brutal Israel terhadap sekolah yang dikelola PBB, yang menewaskan setidaknya 18 orang di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza bagian tengah sehari sebelumnya. Sebelumnya pada Maret, Borrell menuduh Israel menggunakan kelaparan sebagai senjata terhadap Palestina dengan mencegah masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza yang dilanda perang.