Jumat 13 Sep 2024 05:40 WIB

Perusahaan Diminta Perhatikan Lingkungan dan Sosial

Perusahaan punya peluang lebih besar untuk survive di masa datang.

Red: A.Syalaby Ichsan
Top GRC Award 2024
Foto: Dok GRC
Top GRC Award 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perusahaan dinilai tidak bisa hanya berfokus ke aspek keuangan saja dalam bisnis era sekarang. Aspek lingkungan dan sosial pun dibutuhkan untuk survive di masa yang datang.

“Nantinya, yang akan dihargai oleh publik adalah perusahaan yang juga fokus ke lingkungan dan sosial,” kata Sekretaris Jenderal Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Prof. Sidharta Utama, Ph.D., CA CFA, saat menjadi pembicara kunci dalam acara puncak Top GRC Awards 2024.

Baca Juga

Sidharta menjelaskan, perusahaan punya peluang lebih besar untuk survive di masa yang akan datang.“Jadi, aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, perlu dibangun secara bersama oleh perusahaan-perusahaan, untuk jangka panjang,”ujar dia lewat keterangan tertulis kepada Republika.

Untuk itu penerapan GRC (Governance, Risk, and Compliance) menjadi penting untuk mendukung bisnis perusahaan tumbuh secara berkelanjutan. Ketua Dewan Juri Top GRC Awards 2024, Dr. Antonius Alijoyo mengatakan, “Top GRC Awards 2024 memiliki arti dan manfaat yang penting, yakni untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia, agar kinerja bisnisnya dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, dengan didasari pada penerapan prinsip-prinsip Good Governance, Risk Management, dan Compliance Management, yang efektif dan terintegrasi. “