Jumat 13 Sep 2024 15:31 WIB

Benarkah Dengar Konten ASMR Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

Salah satu cara populer meningkatkan kualitas tidur yaitu dengan mendengarkan ASMR.

Red: Qommarria Rostanti
ASMR (ilustrasi). Pada era digital, salah satu cara yang populer untuk meningkatkan kualitas tidur adalah Autonomous Sensory Meridian Response atau yang lebih dikenal dengan ASMR.
Foto: Dok. Freepik
ASMR (ilustrasi). Pada era digital, salah satu cara yang populer untuk meningkatkan kualitas tidur adalah Autonomous Sensory Meridian Response atau yang lebih dikenal dengan ASMR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda merasa sulit tidur nyenyak pada malam hari? Banyak orang mencari cara meningkatkan kualitas tidur.

Pada era digital, salah satu cara yang populer untuk meningkatkan kualitas tidur adalah Autonomous Sensory Meridian Response atau yang lebih dikenal dengan ASMR. ASMR adalah sensasi relaksasi yang menyenangkan yang dipicu oleh suara-suara lembut atau visual tertentu. Suara bisikan lembut, suara mengunyah makanan renyah, atau suara kertas yang diremas adalah beberapa contoh pemicu ASMR yang umum. Sensasi ini biasanya dimulai di kulit kepala dan menjalar ke seluruh tubuh, memberikan perasaan tenang dan nyaman.

Baca Juga

Dilansir laman Verywell Mind, ASMR sering dikaitkan dengan tidur dan dengan alasan yang bagus. Hal ini dikarenakan orang-orang yang sensitif terhadap ASMR merasa rangsangan tersebut sangat menenangkan dan dapat membantu tidur.

Terapis pernikahan dan keluarga berlisensi serta terapis seni bersertifikat Ariel Landrum mengatakan, dia telah menyaksikan peran respons meridian sensorik otonom (ASMR) yang semakin signifikan dalam membantu individu yang mengalami kesulitan tidur. “ASMR yang ditandai dengan sensasi geli yang menenangkan yang sering dirasakan di kulit kepala dapat menjadi alat yang ampuh untuk mendorong tidur dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan," kata dia.