Jumat 13 Sep 2024 16:03 WIB

Presiden Jokowi Akui Sebenarnya Ingin Mendarat di Bandara Nusantara IKN

Saya kemarin sebetulnya ingin turun di airport baru, tetapi belum memungkinkan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan saat groundbreaking di IKN.
Foto: Dok Republika
Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan saat groundbreaking di IKN.

REPUBLIKA.CO.ID, IKN -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, ia sebenarnya ingin mendarat di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Kamis (12/9/2024). Dari Jakarta, Jokowi pergi ke IKN untuk menjalani rapat kabinet kedua sekaligus terakhir pada masa pemerintahannya.

"Saya kemarin sebetulnya ingin turun di airport baru, tetapi ternyata belum memungkinkan harus dicoba lagi dengan pesawat yang sama dengan yang kita pakai ini," ucap Jokowi saat peresmian Hotel Nusantara Swissotel dan peletakan batu pertama (groundbreaking) Nusantara Mall Duty Free di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga

Jokowi menyebut, Bandara Nusantara masih perlu diuji coba dengan pesawat ukuran lebih kecil sebelum didarati oleh Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. "Masih menunggu percobaan landing dan take off dari pesawat-pesawat yang akan mencobanya sehingga memang pesawat yang kita tumpangi belum bisa turun di Airport Nusantara," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Bandara Nusantara akan diuji coba dengan tes mendarat pesawat RJ-85 sebelum digunakan oleh Presiden Jokowi beraktivitas. Untuk ukuran pesawat lebih besar, bandara masih belum bisa digunakan.