Jumat 13 Sep 2024 19:56 WIB

Karhutla di Taman Nasional Baluran Situbondo Capai 2,18 Hektare

Penyebab kebakaran dalam penyelidikan, tapi diduga kuat akibat kelalaian manusia.

Red: Mas Alamil Huda
Sejumlah Kerbau liar (Bubalu bubalis) mencari makan di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (18/6/2022).
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Sejumlah Kerbau liar (Bubalu bubalis) mencari makan di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (18/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Balai Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur (Jatim). Karhutla yang terjadi di Resort Bajulmati kawasan taman nasional Blok Cobik tersebut mencapai 2,18 hektare.

"Ketika terjadi kebakaran, petugas kami yang sudah siaga di posko langsung turun ke lokasi dan segera memadamkan api," kata Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan saat dihubungi, di Situbondo, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga

Menurut dia, kebakaran hutan dan lahan di kawasan taman nasional itu membakar daun pohon jati dan ilalang kering dari pinggir Jalan Raya Pantura. Petugas melakukan pemadaman api menggunakan jet shooter (tas berisi air atau pompa punggung) dan alat tradisional yakni gepyok termasuk mobil tangki milik Balai TN Baluran.

"Kebakaran di hutan selama ini terjadi sebatas di permukaan lantai hutan jati di sepanjang jalan raya pantura Situbondo-Banyuwangi," kata Johan.