Jumat 13 Sep 2024 20:43 WIB

Mandiri Capital dan Saison International Dorong Penguatan Ekosistem Fintech

Sinergi antara institusi keuangan dengan fintech sangat penting.

Red: Satria K Yudha
Fintech (ilustrasi).
Foto: Republika
Fintech (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkolaborasi dengan Saison International dan Saison Capital mendorong penguatan ekosistem fintech di Indonesia. Hal itu salah satunya dilakukan dengan menyelenggarakan konferensi fintech bertajuk 'On The Axis: Reinventing Finance', di Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Saison International dan Saison Capital merupakan bagian dari Credit Saison, salah satu lembaga keuangan non-bank di Jepang dengan sejarah lebih dari 70 tahun, yang terdaftar di Bursa Efek Tokyo. Dihadiri oleh pelaku industri, regulator, pemimpin korporasi, investor, serta startup, konferensi ini menegaskan pentingnya sinergi antara institusi perbankan dan startup fintech yang terus berkembang.

Dengan transformasi digital yang semakin mempercepat perubahan di sektor keuangan, kolaborasi antara startup fintech, institusi perbankan, dan regulator menjadi kunci untuk menjaga stabilitas sambil mendorong inovasi berkelanjutan. Konferensi tersebut membahas berbagai topik utama, termasuk perkembangan terkini dalam fintech, kemitraan strategis antara lembaga keuangan dan startup, strategi untuk kolaborasi yang efektif, serta upaya membangun masa depan kemitraan fintech yang kuat.

Acara ini dirancang sebagai platform diskusi mendalam mengenai ekosistem fintech, tantangan, dan kisah sukses kerja sama antara institusi keuangan dan startup, serta strategi yang efektif untuk membangun ekosistem keuangan yang lebih tangguh dan kuat. Selain itu, acara ini juga mengeksplorasi potensi teknologi baru seperti kecerdasan buatan (AI), blockchain, open banking, serta pendekatan inovatif dalam menjembatani kesenjangan keuangan di seluruh Asia.