Sabtu 14 Sep 2024 15:10 WIB

BNPB Ungkap Pentingnya Pemetaan Forensik Kebencanaan, Bisa Prediksi Bencana Selanjutnya?

Pemetaan forensik kebencanaan berbeda dengan pemetaan bencana konvensional.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Bencana gempa (ilustrasi). BNPB menjadikan pemetaan forensik kebencanaan hal yang penting dilakukan sebagai cara untuk mendapat gambaran kapan datangnya bencana.
Bencana gempa (ilustrasi). BNPB menjadikan pemetaan forensik kebencanaan hal yang penting dilakukan sebagai cara untuk mendapat gambaran kapan datangnya bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) semakin gencar menggaungkan pentingnya pemetaan forensik kebencanaan. Teknik ini dianggap krusial untuk memahami pola dan sejarah bencana alam di suatu wilayah, sehingga dapat membantu dalam memprediksi kemungkinan terjadinya bencana pada masa depan, khususnya gempa bumi dan tsunami.

“Umumnya untuk gempa dan tsunami diketahui siklusnya akan terjadi dalam berapa ratus tahun atau bahkan ribuan tahun dari kejadian sebelumnya,” kata Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana BNPB Udrekh dalam siniar yang diikuti di Jakarta, Sabtu (14/9/2024).

Baca Juga

Ia menjelaskan pemetaan dalam forensik kebencanaan berbeda dan lebih kompleks dibandingkan pemetaan bencana konvensional, karena tujuannya untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap. Pada pemetaan forensik gempa dan tsunami misalnya, yang melibatkan banyak ahli seperti ahli geologi, hidrologi, kimia, oceanologi, geodesi, spasial, sosiologi, DVI, hingga ilmu tanah.

Menurut dia, semakin banyak ahli yang terlibat maka banyak pula bukti-bukti relevan yang dapat diteliti dan hasilnya akan lebih baik informatif. Karena harus bisa lihat bukti-bukti yang relevan itulah, kata dia, pemetaan forensik kebencanaan ini dilakukan pada saat kejadian dan waktu penelitiannya cukup lama.