Sabtu 14 Sep 2024 16:44 WIB

Gubernur: Relawan Sosial Jadi Penggerak Kesos di Akar Rumput

APBD Kalteng saat ini meningkat pesat.

Red: Ahmad Fikri Noor
Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran menyerahkan bantuan dana hibah.
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran menyerahkan bantuan dana hibah.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA KAPUAS -- Potensi dan Sumber Daya Kesejahteraan Sosial (PSKS) atau Relawan Sosial merupakan penggerak dasar kesejahteraan sosial (Kesos) di akar rumput. Hal itu dikatakan oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat membuka Jambore PSKS/Relawan Sosial, di GPU Manggatang Tarung, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sabtu (14/9/2024).

"Jambore PSKS ini menjadi momentum yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar relawan sosial pada PSKS se-Kalimantan Tengah, dan sekaligus untuk menguatkan peran pilar-pilar sosial, terutama dalam membantu masyarakat mendapatkan akses fasilitas program kegiatan dan bantuan sosial dari Pemerintah Pusat dan Daerah, serta mampu meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan sinergi khususnya saat mitigasi bencana," ujar Gubernur.

Baca Juga

Gubernur menyebut, Jambore PSKS ini juga menjadi momen strategis untuk terus menggaungkan pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak, tanpa adanya diskriminasi guna mewujudkan Anak Terlindungi Indonesia Maju.

"Saya berpesan agar program kegiatan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah harus berjalan sinergis dan berkelanjutan. Kepedulian kita terhadap masalah yang terjadi di tengah masyarakat tidak boleh setengah-setengah, karena hal ini menyangkut kelangsungan pembangunan dan kemajuan bangsa di masa akan datang," pungkasnya.