Sabtu 14 Sep 2024 17:04 WIB

Pastikan Ketersediaan Air Tercukupi, Wamentan Sudaryono Tinjau Lahan Sawah di Balikpapan

Menurut Sudaryono, peningkatan produksi sangat memungkinkan

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono.
Foto: Dok Republika
Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia (Wamentan RI) Sudaryono melakukan kunjungan kerja untuk berdialog langsung dengan para petani serta meninjau langsung lahan-lahan sawah yang terletak di Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur pada Jumat, 13 September 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan air berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan dasar para petani saat musim kekeringan.

Wamentan Sudaryono menekankan, pentingnya program pompanisasi yang saat ini tengah digencarkan oleh pemerintah untuk menjaga ketersediaan air, sehingga kegiatan usaha tani tidak terganggu meskipun terjadi penurunan curah hujan.

Baca Juga

"Di lokasi ini ada lahan sekitar 96 hektare, yang sudah termanfaatkan jadi lahan sawah 25 hektare. Kita sedang dorong supaya lahannya lebih luas, bahkan potensi di luar 90 tadi itu masih ada lagi, Nah harapannya tentunya adalah, selain lahannya jadi sawah, setahun bisa panen lebih dari sekali. Bisa panen sekali, jadi dua kali. Dua kali, jadi tiga kali," ungkap Sudaryono.

Program pompanisasi untuk mengairi lahan pertanian ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Pertanian untuk meningkatkan indeks pertanaman dalam mendukung ketahanan pangan nasional.