Ahad 15 Sep 2024 10:42 WIB

Parah, Warga Israel Meracuni Ternak Warga Palestina di Tepi Barat

Pemukim ilegal Israel terus memaksa petani Palestina meninggalkan tanah mereka.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Tentara Israel mengambil posisi selama operasi penghancuran rumah milik warga Jenin di Tepi Barat, Palestina.
Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH
Tentara Israel mengambil posisi selama operasi penghancuran rumah milik warga Jenin di Tepi Barat, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, TEPI BARAT -- Pemukim ilegal Israel membunuh 72 domba warga Palestina dengan meracuni air minum ternak tersebut di barat laut Jericho, Tepi Barat, Palestina yang diduduki. Informasi tersebut disampaikan seorang aktivis yang menyaksikan langsung kejadian itu pada Sabtu (14/9/2024).

Hassan Mleihat, pengawas umum Organisasi Al-Baydar untuk Pembelaan Hak-hak Badui, mengatakan kepada Anadolu, pemukim di wilayah Arab al-Mleihat sengaja mencemari pasokan air yang digunakan oleh dua penggembala setempat, Suleiman dan Mohammed Ali Mleihat, untuk ternak mereka.

Baca Juga

"Serangan ini merupakan bagian dari rangkaian serangan yang terus-menerus dilakukan oleh pemukim ilegal yang bertujuan menekan dan memaksa petani Palestina meninggalkan tanah mereka," kata Mleihat.

Dia menekankan, komunitas Badui semakin terancam oleh para pemukim sebagai bagian dari kebijakan pemerintah Israel yang lebih luas untuk menggusur komunitas tersebut. Menurut Komisi Perlawanan Terhadap Kolonisasi dan Tembok pemerintah Palestina, sejak 7 Oktober 2023, pemukim Israel telah membunuh 19 warga Palestina, melukai lebih dari 785 lainnya, dan menggusur 28 komunitas Badui.