Ahad 15 Sep 2024 12:12 WIB

Protes Genosida Israel di Gaza, Pria Amerika Lakukan Bakar Diri

Ini adalah kasus ketiga warga AS membakar diri untuk memprotes Israel.

Red: Hasanul Rizqa
Bakar diri (ilustrasi)
Foto: dok pexels
Bakar diri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON -- Seorang pria membakar diri sendiri di depan kantor Konsulat Israel di Boston, Amerika Serikat (AS). Laman TRT World melaporkan, pelaku merupakan seorang aktivis pro-perdamaian yang bernama Matt Nelson. Ia nekad melakukan tindakan tersebut sebagai bentuk protes terhadap keterlibatan AS dalam genosida yang dilancarkan Israel atas penduduk sipil Palestina di Jalur Gaza.

TRT World menyebut, pada Rabu (11/9/2024), sebuah video yang menampilkan Matt Nelson beredar melalui platform YouTube. Dalam tayangan itu, pria tersebut mengutuk pemerintahan presiden Joe Biden yang masih saja mendukung kebrutalan Israel. Menurut dia, AS harus ikut bertanggung jawab atas pengepungan dan nestapa yang dialami masyarakat Gaza.

Baca Juga

"Nama saya adalah Matt Nelson dan saya akan melakukan sebuah tindakan protes yang ekstrem," ujar lelaki tersebut dalam video yang diunggah via YouTube, dilansir TRT World, Sabtu (14/9/2024).

"Protes yang akan saya lakukan bertujuan menyerukan pemerintah kita akan berhenti mendukung Israel dengan dana dan senjata, yang digunakan untuk membantai warga Palestina yang tak bersalah. Saya harap, pemerintah (AS) dapat menekan Israel agar segera mengakhiri genosida di Gaza," lanjut Matt Nelson.