Ahad 15 Sep 2024 16:46 WIB

Palestina akan Ajukan Pengaduan ke ICC atas Pembunuhan Aktivis Amerika oleh Israel

Eygi ditembak di kepala oleh tentara zionis Israel.

Red: Ani Nursalikah
Presiden Palestina Mahmoud Abbas.
Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH
Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan persiapan pada Sabtu (14/9/2024) untuk mengajukan pengaduan ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) terkait pembunuhan aktivis Turki-Amerika, Aysenur Ezgi Eygi.

Eygi ditembak di kepala dan tewas pekan lalu oleh penembak jitu Israel di daerah pendudukan Tepi Barat.  Menurut laporan dari kantor berita resmi Palestina, Wafa, pengumuman tersebut disampaikan dalam panggilan telepon Abbas kepada ayah Eygi, Mehmet Suat Eygi.

Baca Juga

Abbas menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Turki atas pembunuhan Eygi, yang ia sebut sebagai putri pemberani Palestina dan Turki yang dibunuh oleh pendudukan Israel serta sebagai simbol nyata solidaritas antara rakyat Turki dan Palestina yang bersaudara.  

“Pemerintah Palestina telah berkoordinasi dengan pihak berwenang AS dan Turki untuk memastikan penyelidikan yang adil atas pembunuhannya, dan saat ini sedang dipersiapkan pengajuan pengaduan ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) terkait kejahatan pembunuhan tersebut,” katanya.