Ahad 15 Sep 2024 20:37 WIB

Longsor Sebabkan Jalan Utama Desa Toblong Garut Tergerus, BPBD Buat Jalan Darurat

Badan jalan yang tergerus longsoran tanah itu, diperkirakan sepanjang 30 meter

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Material tanah longsor menutup akses Jalan Kabupaten Garut (Ilustrasi)
Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Garut
Material tanah longsor menutup akses Jalan Kabupaten Garut (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT--Badan jalan utama di Desa Toblong, Kecamatan Peundeuy, Garut tergerus akibat longsor. Melihat kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, mempersiapkan jalan darurat untuk akses masyarakat yang terdampak putusnya jalan utama menghubungkan Kecamatan Peundeuy-Cibalong tersebut. Jalan darurat dibuat, agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan aman.

"Kita akan membuat jalan darurat dalam artian yang penting bisa dilalui orang, akses orang, kendaraan bermotor untuk mobilisasi orang, terutama anak sekolah," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Aah Anwar Saefuloh saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Ahad (15/9/2024).

Baca Juga

Aah mengatakan, BPBD Garut sudah meninjau daerah terdampak bencana tanah longsor yang menggerus badan jalan utama di Desa Toblong, Kecamatan Peundeuy, Garut.

Badan jalan yang tergerus longsoran tanah itu, kata dia, diperkirakan sepanjang 30 meter, dan sekitar 40 meter dengan kondisi jalan yang sudah terdapat retakan, sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun empat.