Senin 16 Sep 2024 13:33 WIB

Potensi Nuklir di Dalam Lautan Sudah Diisyaratkan Alquran Sejak Dulu, Ini Buktinya

Dengan teknologi nuklir yang aman, laut akan mencukupi kebutuhan energi di dunia.

Red: A.Syalaby Ichsan
Nelayan menerjang gelombang di kawasan Pelabuhan Jepara, Jobokuto, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (3/2/2024).  Nelayan setempat mengatakan, sejak sepekan terakhir sebagian besar nelayan di wilayah itu memilih libur melaut akibat cuaca buruk dengan ombak mencapai 2,5 meter yang membahayakan keselamatan nelayan.
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Nelayan menerjang gelombang di kawasan Pelabuhan Jepara, Jobokuto, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (3/2/2024). Nelayan setempat mengatakan, sejak sepekan terakhir sebagian besar nelayan di wilayah itu memilih libur melaut akibat cuaca buruk dengan ombak mencapai 2,5 meter yang membahayakan keselamatan nelayan.

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak lama, lautan dianggap memiliki kekuatan magis. Orang Yunani percaya jika Poseidon adalah dewa penguasa laut. Orang Hindu menganggap jika ada dewa penguasa laut bernama Hyang Baruna. Di pesisir selatan, masih banyak yang mempersembahkan sesajen untuk Nyai Roro Kidul. Alquran mendobrak tahayul dan khurafat tersebut. Alquran mengatakan, laut memang punya potensi besar tetapi untuk dimanfaatkan bukan disembah.

Buktinya, salah satu objek yang disebutkan Allah saat bersumpah pada banyak ayat Alquran yakni lautan. Salah satunya ada dalam Surah at-Thur ayat 6.

Baca Juga

وَالْبَحْرِ الْمَسْجُوْرِۙ

Wal-baḥril-masjụr