Senin 16 Sep 2024 13:39 WIB

Harga Emas Dunia Meroket, Nyaris Sentuh 2.600 Dolar AS per Troy Ons  

Angka 2.600 adalah level yang cukup fantastis saat ini.

Rep: Eva Rianti / Red: Gita Amanda
Harga emas dunia kian meroket menyentuh level 2.586 dolar AS per troy ons pada perdagangan Senin (16/9/2024).  (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Shutterstock/aa. (Shutterstock/Oleksan
Harga emas dunia kian meroket menyentuh level 2.586 dolar AS per troy ons pada perdagangan Senin (16/9/2024). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga emas dunia kian meroket menyentuh level 2.586 dolar AS per troy ons pada perdagangan Senin (16/9/2024). Pengamat menganalisis ada berbagai sentimen yang memengaruhi semakin bersinarnya harga logam mulia tersebut, mulai dari faktor tingginya ekspektasi penurunan suku bunga The Fed hingga panasnya kondisi geopolitik yang mendorong pembelian besar-besaran pada instrumen safe haven. 

“Harga emas dunia dalam dua hari ini akan mendekati level 2.600 dolar AS per troy ons. Angka 2.600 adalah level yang cukup fantastis saat ini. Yang memengaruhi harga emas dunia mencapai harga yang cukup signifikan ada empat faktor,” kata Pengamat komoditas yang juga Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangan suara kepada wartawan, Senin (16/9/2024). 

Baca Juga

Ibrahim menjelaskan, sentimen pertama yakni faktor spekulasi penurunan suku bunga oleh bank sentral AS pada minggu ini, pasca data pengangguran yang stagnan. Ada indikasi bank sentral AS bukan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps), tetapi justru 50 bps. 

“Yang ditunggu oleh pasar adalah tentang pernyataan bank sentral sendiri, apakah setelah bulan September akan menurunkan suku bunga tambahan 110 bps totalnya, seandainya diturunkan menjadi 50 bps berarti tinggal 60 bps. Ini yang sedang ditunggu sehingga spekulasi penurunan suku bunga membuat indeks dolar kembali lagi mengalami pelemahan dan harga emas dunia mengalami penguatan,” jelasnya.