Senin 16 Sep 2024 17:20 WIB

Ada Proyek Strategis PIK 2, Sandiaga Ingin Tangerang Masuk Kota Kreatif UNESCO

Indonesia sudah memiliki tiga kota yang mendapat predikat UCCN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang diharapkan bisa memberikan dampak yang luas terhadap peningkatan ekonomi juga peluang usaha masyarakat Sandiaga dalam workshop KaTa Kreatif Kabupaten Tangerang mengatakan, saat ini Pemkab Tangerang sedang terus mendorong pengembangan ekraf di wilayahnya dengan salah satunya mengajukan diri masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network atau UCCN).

"Hari ini kita melihat antusiasme dari pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Tangerang yang sekarang sedang berjuang untuk masuk dalam jejaring kabupaten/kota kreatif dunia melalui proses yang disiapkan bersama," ujar Sandiaga dalam kegiatan yang berlangsung di Joglo Jambe Resto, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (14/9/2024).

Baca Juga

Sandiaga menyampaikan Indonesia sudah memiliki tiga kota yang mendapat predikat UCCN yaitu Pekalongan untuk kategori crafts and folk art, Bandung kategori desain, dan Ambon kategori musik.

Legitimasi dari UNESCO tersebut banyak memberikan dampak yang besar. Tidak hanya pada keberlanjutan dan kelestarian potensi seni dan budaya yang ada, juga secara tidak langsung menjadi sarana promosi yang efektif. Dengan begitu minat wisatawan untuk datang ke Indonesia khususnya Kabupaten Tangerang akan meningkat dan masyarakat akan lebih sejahtera.