Senin 16 Sep 2024 21:40 WIB

Tanda Seseorang Mencintai Allah dan Alquran yaitu Mencintai Nabi Muhammad SAW

Tanda mencintai Nabi Muhammad SAW adalah mencintai sunnah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Syekh Allamah Muhammad bin Umar an-Nawawi al-Banteni menjelaskan bahwa ada 77 cabang iman. Salah satu dari 77 cabang iman adalah mencintai Allah SWT, tanda seseorang mencintai Allah SWT adalah mencintai Nabi Muhammad SAW.

Secara logika kerangka kerja, kecintaan kepada Allah digambarkan oleh Imam Sahal. Ia menjelaskan, tanda mencintai Allah adalah mencintai Alquran. Tanda mencintai Allah dan Alquran adalah mencintai Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Tanda mencintai Nabi Muhammad SAW adalah mencintai sunnah (yakni ucapan, tingkah laku, dan sikap) Rasulullah SAW. Tanda mencintai sunnah adalah mencintai akhirat. Tanda mencintai akhirat adalah membenci dunia (yakni pujian orang, penampilan, kemewahan dan lain sebagainya). Tanda membenci dunia adalah tidak mempergunakan harta benda dunia kecuali sebagai bekal menuju akhirat.

Syekh Hatim bin Alwan mengatakan, barang siapa mengaku tiga hal tanpa tiga hal lainnya, maka ia adalah pembohong. Orang yang mengaku mencintai Allah tanpa menjauhi larangan-Nya, orang yang mengaku mencintai Nabi Muhammad SAW tanpa mencintai kefakiran, dan orang yang mengaku mencintai surga tanpa mau menyedekahkan hartanya.