Selasa 17 Sep 2024 07:30 WIB

Pertemuan Nabi Muhammad dan Malaikat Jibril di Qarnul Manazil

Qarnul Manazil menjadi tempat pertemuan Nabi Muhammad dan Malaikat Jibril.

Red: Muhammad Hafil
Masjid Qarnul Manazil yang dijadikan salah satu tempat miqat untuk umrah dan haji.
Foto: Muhammad Hafil / Republika
Masjid Qarnul Manazil yang dijadikan salah satu tempat miqat untuk umrah dan haji.

REPUBLIKA.CO.ID, QARNUL MANAZIL -- Nabi Muhammad SAW pernah bertemu dengan Malaikat Jibril di Qarnul Manazil. Berikut kisahnya:

Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani dalam bukunya Sejarah Makkah menyebutkan, Imam Bukhari, salah seorang imam hadits terkemuka, meriwayatkan, ketika Nabi sampai di Qarn Al Manazil (Qarnul Manazil), Jibril datang dan mengatakan kepada beliau:

Baca Juga

“Sesungguhnya Allah telah mendengar ucapan dan penolakan kaummu itu atasmu. Dan Allah telah mengutus kepadamu Malaikat Penjaga Gunung agar kamu dapat memerintahnya sesuai dengan keinginanmu untuk membalas mereka. “ Malaikat Penjaga Gunung itu lalu memanggilku dan mengucapkan salam kepadaku, lalu berkata: “Hai Muhammad, apa yang engkau inginkan. Jika engkau ingin aku menimpakan atas mereka dua gunung ini (Gunung Kubais dan Gunung Qaiqu’an/keduanya disebut Al Akhsyaban), maka akan aku lakukan.”

Kemudian Nabi menjawab: “Aku malah mengharap agar Allah menjadikan anak cucu mereka orang yang menyembah-Nya, meng-Esakan-Nya, dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu."