Selasa 17 Sep 2024 13:38 WIB

Rabithah Setop Jadikan Isu Nasab Prioritas

Semua pertanyaan soal isu nasab telah dijawab.

Red: A.Syalaby Ichsan
Guru Gembul (kiri) menghadiri diskusi yang diadakan Rabithah Alawiyah.
Foto: Republika.co.id
Guru Gembul (kiri) menghadiri diskusi yang diadakan Rabithah Alawiyah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Rabithah Alawiyah mengungkapkan, telah membuat jawaban yang terarah dan terukur seputar isu yang berkaitan dengan permasalahan nasab Ba’alawi. Humas dan Media Rabithah Alawiyah Ustadz Muhammad bin Husein Al Habsyi menjelaskan, semua pertanyaan telah dijawab dari kaidah pencatatan nasab, tes DNA, tuduhan pemalsuan sejarah hingga bagaimana menyikapi perilaku oknum Alawiyyin yang menyimpang. Jawaban tersebut dimuat dalam akun resmi Rabithah Alawiyah dan channel Youtube Nabawi Tv.

Ustadz Muhammad menjelaskan, pihaknya juga sudah mengundang pihak-pihak terkait untuk bisa berdiskusi dan duduk bersama terkait isu nasab. Seperti diketahui, Rabithah Alawiyah menyelenggarakan diskusi ilmiah tentang Keabsahan Nasab Ba’alawi di gedung Rabithah Alawiyah, Jalan Tb Simatupang, Jakarta, pada 7-8 September lalu. Diskusi tersebut menghadirkan berbagai pakar dari ahli nasab, sejarah, pakar DNA, ahli filologi, antropologi hingga kalangan cendikiawan dari pesantren.

Baca Juga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rabithah Alawiyah Official (@rabithah_alawiyah)

Sayangnya, diskusi tersebut hanya dihadiri oleh mayoritas pihak pendukung keabsahan nasab Ba’alawi. Bagi mereka yang ada di kubu pengkritik nasab Ba’alawi, hanya ada Guru Gembul atau yang disebut memiliki nama asli Ja’far Rohadi, datang dalam sesi diskusi. Padahal, pihak Rabtihah sudah mengundang berbagai nama dari kubu yang kontra untuk menghadiri diskusi seperti KH Imaduddin Utsman, Prof Menachem Ali, Rhoma Irama hingga Mama Ghufron.