Selasa 17 Sep 2024 13:40 WIB

Komunitas Indonesia di Eropa Harap Pilkada Berjalan Lancar

Diaspora di Eropa Bersatu untuk Indonesia bergerak untuk pemilu bersih, jujur.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Eropa Bersatu menyatakan banyak diaspora di Eropa yang selalu memantau situasi di setiap tahap pilkada.
Foto: Dok. Web
Eropa Bersatu menyatakan banyak diaspora di Eropa yang selalu memantau situasi di setiap tahap pilkada.

REPUBLIKA.CO.ID, Komunitas Indonesia di Eropa Harap Pilkada Berjalan LancarJAKARTA-- Eropa Bersatu untuk Indonesia (Eropa Bersatu) kembali mengeluarkan pernyataan terkait Pilkada di Indonesia yang akan dilaksanakan secara serentak di November 2024 mendatang. Eropa Bersatu berharap, Pilkada akan berlangsung dengan jujur dan berkualitas.

Pilkada adalah ruang demokrasi untuk memilih dan menyatakan pendapat dalam menentukan haluan negara. "Negara Indonesia menjunjung tinggi hak-hak warga negara Indonesia dan berdasarkan hak-hak tersebut nasib daerah dan bangsa ditentukan," kata Sakaria Wielgosz, Ketua Umum Eropa Bersatu, kepada wartawan, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga

Sakaria menambahkan bawah di dalam PKPU tertulis prinsip dalam Pemilu adalah mandiri, jujur, adil, kepastian, hukum, tertib, terbuka, profesional, akuntabel, efektif dan efisiensi, oleh karena itu.

“Kami ingin pemimpin yang berintegritas, dipilih secara demokratis, kami menolak segala bentuk cawe-cawe kekuasaan," ungkap Ludovicus Mardiyono selaku Wakil Ketua Umum Eropa Bersatu.