Selasa 17 Sep 2024 14:50 WIB

Koyak Israel, Benarkah Rudal Hipersonik Houthi dari Iran? Ini Kata Presiden Pezeshkian

Rudal hipersonik tersebut memiliki kecepatan 16 kali lebih cepat dari suara.

Red: A.Syalaby Ichsan
Misil balistik hipersinik Palestine 2.
Foto: Al-Mashirah TV
Misil balistik hipersinik Palestine 2.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI — Presiden Iran Masoud Pezeshkian, dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan televisi pada Senin (16/9/2024) waktu setempat, mengatakan, Teheran tidak mengirim rudal hipersonik untuk kelompok militan Houthi di Yaman. 

Pernyataan Presiden Masoud keluar sehari setelah Houthi mengatakan, rudal yang ditembakkan ke Israel adalah rudal hipersonik. Pada tahun lalu, Iran menunjukkan apa yang disebutnya sebagai rudal balistik hipersonik pertama buatan dalam negeri. Media pemerintah mempublikasikan foto-foto rudal yang diberi nama “Fattah” tersebut pada sebuah upacara.

Baca Juga

“Seseorang membutuhkan waktu seminggu untuk melakukan perjalanan ke Yaman (dari Iran), bagaimana mungkin rudal ini bisa sampai ke sana? Kami tidak memiliki rudal seperti itu untuk diberikan kepada Yaman,” kata Pezeshkian.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel akan memberikan “harga yang mahal” kepada Houthi yang menguasai Yaman utara, setelah mereka mencapai Israel tengah dengan sebuah rudal pada Ahad untuk pertama kalinya.