Selasa 17 Sep 2024 15:50 WIB

Muhammadiyah Segera Bangun Sekolah, Kantor, dan RS di IKN

Muhammadiyah ingin mengembangkan lembaga pendidikan di tingkat dasar menengah di IKN.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).
Foto: Antara/Andi Firdaus
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan pihaknya berencana membangun kantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Selain itu, Muhammadiyah juga berencana mengembangkan lembaga pendidikan hingga rumah sakit (RS) di IKN.

"Kami mengembangkan kantor Muhammadiyah sebagaimana di sini kan. Yang kedua, yang tidak kalah pentingnya, dua bidang, tiga sebenarnya. Satu, pendidikan. Kita sudah punya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, UMKT ya, itu universitas swasta terbaik se-Kalimantan Timur dan se-Kalimantan Utara," kata Haedar saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga

Usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Haedar bersama pengurus PP Muhammadiyah memaparkan sejumlah rencana terkait pengembangan SDM di IKN. Langkah yang ditempuh dengan membangun kantor, sekolah hingga RS.

Menurut Haedar, Muhammadiyah berencana mengembangkan lembaga pendidikan di tingkat dasar menengah di sekitar IKN. Hal itu setelah berdirinya perguruan tinggi, yakni Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) yang menjadi universitas terbaik di dua provinsi tersebut.