Selasa 17 Sep 2024 18:07 WIB

Pascakebakaran, Museum Nasional Dibuka Kembali pada 15 Oktober 2024

Kebakaran menghanguskan enam ruangan bagian belakang gedung A pada 16 September 2023.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
 Suasana di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023), pascakebakaran hebat.
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Suasana di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023), pascakebakaran hebat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu tahun pascakebakaran hebat, Indonesian Heritage Agency (IHA) di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan Museum Nasional Indonesia akan dibuka kembali untuk publik pada 15 Oktober 2024.

"Kami tidak hanya memperbaiki fisik bangunan dan menyelamatkan koleksi, tetapi juga melakukan reimajinasi terhadap bagaimana museum ini dapat berperan lebih besar bagi masyarakat," kata Pelaksana Tugas Kepala IHA Ahmad Mahendra di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga

Museum Nasional Indonesia sempat dilanda kebakaran yang menghanguskan enam ruangan bagian belakang gedung A pada 16 September 2023. Sehingga Kemendikbudristek melalui IHA terus melakukan revitalisasi dengan melibatkan berbagai penanganan yang komprehensif, dimulai pendataan dampak kerusakan terhadap bangunan dan koleksi.

"Revitalisasi ini bukan sekadar perbaikan infrastruktur, tetapi transformasi yang mendalam, baik secara fisik maupun konseptual, yang menghadirkan museum sebagai ruang interaktif sehingga dapat relevan dengan kebutuhan publik modern," ujar Mahendra.