Rabu 18 Sep 2024 07:20 WIB

Kubu RK-Suswono Pede Bisa Cepat Perluas Transportasi Publik ke Daerah Penyangga, Caranya?

Ridwan Kamil-Suswono menargetkan semuanya tuntas dalam dua tahun.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Bus Listrik Transjakarta melintas di Terminal Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/11/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bus Listrik Transjakarta melintas di Terminal Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) optimistis bisa memperluas operasional transportasi publik ke wilayah-wilayah penyangga Jakarta dalam waktu relatif singkat. Mereka menargetkan semuanya tuntas dalam dua tahun.

Juru bicara RIDO, Bernardus Djonoputro mengatakan, pengembangan trayek transportasi umum keluar-masuk Jakarta ke wilayah-wilayah Bekasi, Tangerang, dan Bogor tersebut merupakan salah satu solusi paling praktis dalam menekan angka kemacetan dan polusi udara di ibu kota. Pasangan RIDO, kata dia, komitmen memaksimalkan fungsi busway Transjakarta dalam memberikan moda transportasi publik bagi masyarakat.

Baca Juga

“Perluasan rute transportasi publik bisa selesai dalam dua tahun kepemimpinan Ridwan Kamil dan Suswono di Jakarta. Perluasan rute transportasi yang terpenting adalah ketersediaan armada, hingga membangun halte-halte di wilayah aglomerasi,” begitu begitu kata dia dalam siaran pers pasangan RIDO yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Dalam hal penambahan armada Transjakarta, kata Bernardus, pasangan RIDO menjanjikan penggunaan armada yang berbasis ramah lingkungan, dengan memperbanyak bus-bus berbasis listrik. “Jadi dengan perluasan rute hingga ke wilayah-wilayah aglomerasi Jakarta, sangat bisa mengurangi kemacetan. Selain itu, juga bisa mengurangi polusi udara, karena armada yang digunakan berbasis energi listrik,” ujar dia.