Rabu 18 Sep 2024 09:58 WIB

Wacana 44 Kementerian di Pemerintahan Prabowo Dinilai Perlu Diisi Banyak Profesional

Jumlah kementerian dalam pemerintahan Prabowo-Gibran diwacanakan bertambah.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Foto Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kabinet Prabowo-Gibran rencananya akan ada 44 kementerian.
Foto: Republika
Foto Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kabinet Prabowo-Gibran rencananya akan ada 44 kementerian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah kementerian dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diwacanakan akan bertambah. Total kementerian yang akan berada di kabinet Prabowo disebut-sebut akan berjumlah 44 kementerian.

Direktur Riset dan Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI Ibnu Dwi Cahyo menilai, bertambahnya jumlah kementerian dalam suatu pemerintahan merupakan hal yang normal selama memiliki dasar hukum. Namun, ia mengingatkan agar Prabowo memilih sosok-sosok yang sesuai keahliannya dengan kementerian atau lembaga tersebut.

Baca Juga

"Jika nanti memang wacana penambahan kementerian itu jadi dan menggemuk itu sah-sah saja asal sesuai aturan. Tak kalah penting Prabowo harus menempatkan orang-orang terbaik dan profesional yang sesuai dengan kebutuhan kementerian tersebut," kata dia melalui keterangan tertulis, Rabu (18/9/2024).

Ia menilai, sosok profesional itu tak harus berasal dari kalangan non-partai politik (parpol). Menurut dia, parpol juga memiliki banyak sosok ahli dan profesional yang tak kalah hebat.