Rabu 18 Sep 2024 11:48 WIB

Jokowi Tegaskan Kepindahan IKN Bukan Sekadar Keppres, tapi Kesiapan

Kalau Cuma hanya tanda tangan, tanda tangan gampang. Satu detik ya tanda tangan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan kepada wartawan di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (14/8/2024).
Foto: Antara/Mentari Dwi Gayati
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan kepada wartawan di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (14/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, kepindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur bukan hanya sekadar ditandatanganinya keputusan presiden (Keppres), tetapi terkait dengan infrastruktur kesiapan di IKN itu sendiri.

"Kita melihat itu kesiapan betul-betul ya. Di sana harus betul-betul siap, betul. Kalau Cuma hanya tanda tangan, tanda tangan gampang. Satu detik ya tanda tangan. Tapi kesiapan IKN itu sendiri, kalau yang namanya sudah ditandatangani, pindah," kata Presiden Jokowi usai meresmikan Pembukaan 10TH Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga

Jokowi menekankan, untuk pindah ibu kota harus benar-benar siap sebelum keppres tentang pemindahan ke IKN ditandatangani secara resmi. Dia pun mencontohkan pindahan ibu kota jauh lebih ruwet dibandingkan pindahan rumah. Oleh karena itu, semua aspek harus dikalkulasikan.

Keppres tentang pemindahan ibu kota, kata Jokowi, sebenarnya bisa saja ditandatangani olehnya maupun Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Tapi, konteks pemindahan itu bukan di payung hukumnya.